Pages

Blogger news

Selasa, 18 Juni 2013

RED ISLAND BANYUWANGI


TRIBUNNEWS.COM,BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi mengenalkan tujuan baru pariwisata di Banyuwangi yakni Pulau Merah atau Red Island di Kecamatan Pesanggaran.
Tujuan tempat wisata baru itu dikenalkan pada dunia bersamaan dengan kompetisi Red Island International Surfing, Jumat (24/5/2013).
Pulau Merah terletak di pantai selatan Banyuwangi, terletak sekitar 70 kilometer ke arah selatan dari kota Banyuwangi. Bagi warga Banyuwangi, nama Pulau Merah sebenarnya tidak asing.
Tempat itu sudah lama menjadi jujugan wisatawan lokal yang ingin menikmati liburan. Pantai itu banyak dikunjungi wisatawan lokal di hari Sabtu dan Minggu atau juga hari libur.
Pasirnya berwarna putih dan kawasannya yang bersih menjadi jujugan pengunjung.
Warna laut dan pemandangan di sekelilingnya memanjakan
pengunjung.
Bernama Pulau Merah karena ada sebuah bukit kecil di tengah laut yang disebut pulau.
Letak gundukan pulau itu tidak terlalu jauh dari bibir
pantai. Warna tanah di pulau itu merah, sehingga warga setempat menyebutnya Pulau Merah.
Pemkab Banyuwangi memilih tempat itu menjadi titik wisata andalan bukan tanpa sebab. Dunia mengenal Banyuwangi mempunyai tiga tujuan wisata yang disebut segitiga emas yakni Pantai Plengkung atau G-Land, Pantai Sukamade dan Kawah Ijen.
Pantai Pulau Merah ini terletak di antara Plengkung dan Sukamade.
Malah Pulau Merah dan SUkamade terletak di kecamatan yang sama yakni Pesanggaran.
Jika berjalan dari kota Banyuwangi atau Jember menuju
Sukamade, akan mudah ditemukan petunjuk jalan bertulisakan Pulau Merah.
"Pulau Merah ini terletak di tengah-tengah antara G-Land dan Sukamade. Inilah yang mau kami kenalkan, bahwa ada tempat yang indah bahkan mirip Kuta di tahun 70-an yakni Pulau Merah," ujar SUprayogi, Kepala Kantor Pariwisata.
Pulau Merah mempunyai ombak yang bisa digunakan bermain surfing. Karenanya, lomba surfing dipilih untuk mengenalkan tempat wisata itu.
Peserta surfing tidak hanya dari lokal namun juga nasional dan internasional.
Ada 86 perserta untuk kategori lokal, nasional daninternasional itu. Sebanyak 29 orang warga negara asing mengikuti kompetisi itu antara lain dari Australia, Belanda, Prancis, Jepang juga Korea Selatan.

Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Surya

0 komentar:

Posting Komentar

Blogroll